yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / Era Nokia segera tamat, bakal ada Microsoft Mobile Lumia?

Era Nokia segera tamat, bakal ada Microsoft Mobile Lumia?

±Senin, 21 April 2014
Era Nokia segera tamat, bakal ada Microsoft Mobile Lumia? - Apakah nama Nokia bakal menghilang dari produk-produk perangkat mendatang pasca akuisisi Microsoft?

Apakah nama Nokia bakal menghilang dari produk-produk perangkat mendatang pasca akuisisi Microsoft? (Foto: gsmarena.com)

Pabrikan ponsel terkemuka, Nokia dikabarkan segera berubah nama jadi Microsoft Mobile. Sebuah surat Microsoft yang ditujukan kepada pemasok Nokia, bocor dan mengungkap perubahan akan berlaku setelah kesepakatan soal akuisisi tuntas, akhir bulan ini.

Berdasarkan isi surat, nama Nokia Corporation/Nokia Oyj (Tbk) diganti menjadi Microsoft Mobile Oy, beralamat di Redmond, Washington, DC. Surat juga menyebut hubungan perdagangan dan kesepakatan yang ada, tetap berjalan di era baru, saat Microsoft mulai mengambil alih. Tertuang dalam surat, "tolong dicatat bahwa nama Nokia Corporation/Nokia Oyj (Terbuka) akan berubah menjadi Microsoft Mobile Oy. Microsoft Mobile Oy adalah nama legal yang digunakan untuk identitas pajak dan faktur."

GSM Arena merilis, Nokia diberitakan juga bakal menghentikan beberapa pemasok mereka terkait layanan utamanya saat ini, NSN, HERE Maps dan Unit Advanced Technology. Apakah penggantian nama jadi pertanda tamatnya era Nokia? Atau apakah penggantian nama ini hanya bertujuan bisnis?

Mengganti nama Nokia dengan Microsoft Mobile pada ponsel sepertinya bukan ide bagus. Untungnya surat itu tidak menunjukkan ini akan terjadi. Mengacu isi surat yang menyebut Oyj dan Oy, di Finlandia, ini adalah nama bisnis. Seperti di Indonesia, penggunaannya untuk menunjukkan apakah ini perusahaan privat atau perusahaan publik. Tidak ada satupun pernyataan yang menyatakan kita akan membeli "Microsoft Mobile Lumia 1020" di masa depan.

Apakah Nokia bakal aman dengan bendera Microsoft? Masih menunggu konfirmasi. Bisa saja nama Nokia hilang total dan digantikan merek lain, misalnya, "Lumia by Microsoft Mobile" sebagai nama perangkat. Bisa juga hanya jadi nama yang digunakan urusan bisnis dan tidak mengganggu status quo. Kalau itu terjadi, berarti kita masih bisa melihat Nokia Lumia di masa mendatang.

Oktober 2013 lalu, Direktur Utama Nokia Stephen Elop, yang sekarang memimpin divisi perangkat Microsoft, tersirat menyatakan merek Nokia akan menghilang di masa depan, seiring hadirnya Lumia, dia juga mengatakan keputusan akuisisi bakal jadi penentu merek."Sebab, kami belum dapat memutuskan merek apa yang akan dominan untuk ponsel cerdas di masa depan," kata Elop.

Elop mengatakan langkah itu melalui proses yang disesuaikan dengan respons konsumen dan untuk mencapai hasil yang terbaik. Proses pembelian diperkirakan selesai akhir bulan April 2014, dan saat itulah akan muncul rincian resmi soal perubahan nama. Elop adalah narasumber terbaik. Ditunggu saja!
[ Via: gsmarena ]