yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Gaul / Tamiya: Mobil balap mainan yang tak lekang oleh jaman

Tamiya: Mobil balap mainan yang tak lekang oleh jaman

±Selasa, 15 April 2014
Tamiya: Mobil balap mainan yang tak lekang oleh jaman - Tamiya, mobil racing Mini4 Wheel Drive bertenaga dynamo dengan dua baterai AA.

Tamiya, mobil racing Mini4 Wheel Drive bertenaga dynamo dengan dua baterai AA. (Foto: redrc.net)

Kalau tahun ‘90-an, yoKeepoers sedang ‘keranjingan’ dengan balap mobil-mobilan, pasti punya Tamiya. Itu tuh.. mobil racing Mini4 Wheel Drive bertenaga dynamo dengan dua baterai AA. Penggemar dan komunitas Tamiya berasal dari semua segmen usia dan gender. Bisa anak-anak hingga orang dewasa bahkan ada yang berumur 70 tahun!. Enggak hanya cowok, banyak juga cewek yang hobi mainin nih mobil.

Samarinda merupakan salah satu kota di Indonesia dimana komunitas Tamiya tumbuh subur. Disini, sering diadakan ajang pertandingan balap Tamiya. Lesmana, seorang pemilik toko penjual mobil mini racing di jalan RE Martadinata ini mengatakan bahwa dia mengadakan pertandingan balap sebulan sekali di salah satu mall di Kota Tepian. Cowok muda berkulit putih ini sampai memfasilitasi toko nya dengan lintasan balap. Tujuannya tak lain agar para penggemar maupun komunitas Tamiya dapat terpuaskan ngebut dengan mini 4 wheel drive-nya. Efeknya, toko dia jadi rame.

Masih di kota yang sama, seorang yang hobi Tamiya yang lain, Dandi Ahmad Derajad jadi ketagihan balap Tamiya karena ngeliat teman-temannya asik ‘masyuk’ dengan mobil ini. Di tahun 2009, mahasiswa di salah satu universitas di Samarinda ini mulai serius dengan permainan ini. Dia bilang Samarinda adalah kota yang mempunyai penggemar Tamiya terbesar se-Indonesia. Buktinya, kalau ada event nasional, selalu diadakan di Samarinda.

Tipe Tamiya yang dilombakan juga bermacam-macam: Standard Tamiya Original (STO), Speed, Drag dan Sloop/Handycap. Pada kejuaraan STO 75 di Samarinda, Dandi pernah menyikat abis piala yang disediakan di awal 2014.  Harga bisa beragam, mulai Rp.100.000 sampai Rp.195.000 untuk satu unit standar. Kalau yang udah modif bisa di kisaran harga Rp.500.000 sampai 1.500.000. Jika tertarik dengan Tamiya, kalian harus sabar dan teliti dalam merawatnya. Kenapa? Ibarat Bumbeblee di film Transformer, mobil mainan ini banyak komponen elektronik yang bisa ngambek kalau tidak ‘diasuh’ dengan baik.
[ Via: kaltimpost, blogspot ]


Keepo collections:
Gaul