yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Makanan jatuh di lantai kurang dari 5 detik, masih sehat?

Makanan jatuh di lantai kurang dari 5 detik, masih sehat?

±Rabu, 09 April 2014
Makanan jatuh di lantai kurang dari 5 detik, masih sehat? - Amankan memakan makanan yang jatuh?

Amankan memakan makanan yang jatuh? (Foto: neilkelly.com)

Waktu hangout bareng keluarga di Excelso Café Plaza Surabaya beberapa waktu lalu, satu potongan Beef & Cheese Sandwich kesukaan saya jatuh ke lantai. Belum 5 detik. Bingung sesaat: makanan sehat? Ambil? Enggak? Padahal itu sebenarnya satu-satunya potongan lezat yang tersisa di meja. Sebelum lima (5) detik dan dengan memperhitungkan situasi dan kondisi, pakai jurus tangan tanpa bayangan, potongan sandwich itu beralih ke tangan saya. Tanpa babibu, sandwich itu sudah bersarang ke mulut saya. Masih lezat kok!

Kita sering dengar dengan aturan toleransi 'lima detik'untuk mengambil hidangan yang jatuh ke lantai. Tapi enggak semua lantai aman lho! Bisa jadi menu lezat kita jatuh ke lantai kayu, lantai keramik atau lantai karpet. Kompas.com menulis yang paling beresiko rendah dari perpindahan mikroba adalah jika lantainya berkarpet. Kok bisa? Pada lantai karpet, dibutuhkan waktu 5 detik atau lebih untuk perpindahan mikroba dari lantai ke santapan kita. Pernyataan ini merupakan hasil penelitian professor mikrobiologi Anthony Hilton dari Aston University di Inggris.

Satu lagi yang penting diketahui jika kita peduli pada makanan sehat. Tidak hanya jenis lantainya, lama jatuh juga menentukan berapa banyak mikroba di lantai beresiko pindah ke sandwich kesukaan kita. Penelitian Anthony Hilton mengungkap mikroba, antara lain E coli dan Staphylococcus aureus, pada jajanan yang jatuh akan hinggap pada waktu antara 3 sampai 30 detik. Jadi semakin lama berada di lantai, semakin mungkin memberi kesempatan mikroba berpesta di menu favorit kita.

Hilton dan timnya juga mengadakan survey berkaitan dengan santapan yang jatuh dan lama jatuhnya. Kesimpulannya, sebagian orang menganggap memakan makanan yang abis jatuh tidak bermasalah. Sebagian yang lain masih mengikuti aturan. Artinya mereka masih menganggap makanan sehat jika jatuh baru '5 detik'. Namun demikian, aturan '5 detik' dapat dijadikan warning yang menjadikan kita aware pada makanan sehat.
[ Via: kompas, healthday ]


Keepo collections:
Cantik