yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Pemilu di mata pemilih muda: TPS = Tempat Photo Selfie

Pemilu di mata pemilih muda: TPS = Tempat Photo Selfie

±Rabu, 09 April 2014
Pemilu di mata pemilih muda: TPS = Tempat Photo Selfie - "Selfie di TPS untuk #IndonesiaHebat," kata akun twitter @deteksi menyebut foto selfie-nya

"Selfie di TPS untuk #IndonesiaHebat," kata akun twitter @deteksi menyebut foto selfie-nya (Foto: twitter.com/deteksi)

Trend selfie ternyata punya dampak cukup positif di Pemilu 2014 ini. Banyak pemilih muda Indonesia, terutama pemula yang menggunakan haknya. Kedatangan mereka ke tempat-tempat pemungutan suara ini, ternyata bukan cuma didorong oleh kesadaran sebagai warga negara, tapi juga gara-gara KPU (Komisi Pemilihan Umum) membolehkan ponsel berkamera digunakan di luar bilik 'coblosan'.

Hasilnya, banyak juga anak-anak muda yang mamerin selfie di akun twitter, facebook maupun instagram dengan kelingking bernoda tinta, setelah kelar nyoblos di Pemilu ini. Gak sekedar mamerin, mereka ini juga gak lupa mengajak teman dan kerabatnya untuk ikutan menggunakan hak pilih.

"5 kata buat yg nyoblos?? hahahh — jangan lupa foto selfie di TPS! :D," kicau @Syafiralitaa.

Akun Twitter @Sangkakala_ malah menyebut aktivitas ini sebagai bukti biar gak dikatakan hoax kalo sudah memilih. Dia juga mengingatkan supaya jangan lupa selfie di TPS dan bilik pemilu. Foto-foto kelingking ungu pun bergentayangan di dunia maya, sejak 9 April 2014 pagi, ketika pemungutan suara mulai digelar di seluruh Indonesia.

Trend selfie memang sepertinya bakal sukses membantu KPU, partai politik maupun calon legislatif yang bertarung di Pemilu 2014 ini. Aktivitas ini menjadi inspirasi untuk menggaet para pemilih muda terutama pemula, untuk ikutan 'nyoblos'. Apalagi sejumlah media maupun komunitas yang berkiprah di seputar isu pemilu, juga ikut mempromosikan peluang selfie di TPS, termasuk peluang mendapat hadiah dari kuis dan kontes selfie yang digelar.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU sendiri memang tidak melarang warga membawa ponsel berkamera ke TPS. Kata anggota KPU Hadar Nafis Gumay yang dilarang itu cuma menggunakan gadget di dalam bilik suara. Soalnya, bisa berpotensi memunculkan praktik politik uang (money politics). "Caranya, setelah dia coblos, rekam, terus laporkan hasil coblosannya untuk mendapat imbalan,” jelas Hadar, Selasa, 8 April 2014.

So, bakalan seru nih hari ini. Gak sekedar bagi parpol dan caleg, tapi juga bagi para selfie mania. soalnya, bagi banyak orang, TPS bukan cuma Tempat Pemungutan Suara, tapi seperti kata akun @MotivaTweet, hari ini, TPS akan rame dengan orang selfie karena TPS sama dengan Tempat Photo Selfie. Yuk buruan, masih ada waktu kok buat ngejar coblosan ke TPS!
[ Via: twitter ]


Keepo collections:
Kini