yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Kini / Hijau / Alat pertanian karya SMAN 1 Yogyakarta menangi Toyota Eco Youth ke-8

Alat pertanian karya SMAN 1 Yogyakarta menangi Toyota Eco Youth ke-8

±Senin, 31 Maret 2014
Alat pertanian karya SMAN 1 Yogyakarta menangi Toyota Eco Youth ke-8 - Tim SMAN 1 Yogyakarta saat menerima penghargaan Juara Umum Toyota Eco Youth ke-8, Minggu, 30 Maret 2014

Tim SMAN 1 Yogyakarta saat menerima penghargaan Juara Umum Toyota Eco Youth ke-8, Minggu, 30 Maret 2014 (Foto: sindonews.com)

SMAN 1 Yogyakarta menyabet gelar Juara Umum pada kompetisi Toyota Eco Youth ke-8. Mengusung karya proposal alat penyiram, penanam, penyebar pupuk  dan benih biji-Bijian secara otomatis, Reza dan Marissa sukses memikat para juri yang dipimpin ahli pendidikan Arief Rachman untuk memberikan poin maksimal.

Knowing more..

Selesai minum kopi KFC? Makan aja gelasnya
Aksi peduli Malang dengan pencabutan paku di pohon

Selain meraih Juara Umum, tim SMA yang dikenal dengan nama SMA Teladan itu juga unggul di kategori Produk. Pengumumannya digelar pada puncak acara Grand Final Toyota Eco Youth ke-8 di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu, 30 Maret 2014.

Menyambut kemenangan timnya, Reza berharap prestasi ini bisa membantu para petani di sekitar Yogyakarta dan bahkan di Indonesia. Sepulang dari Jakarta, mereka segera melanjutkan kembali proyeknya  untuk menyempurnakan alat yang dibikin. "Kami senang sekali dan berusaha nggak berhenti sampai sini aja. Masih banyak yang harus kami kerjakan.Selain itu, kita juga akan mematenkan alat ini," kata Reza.

Toyota Eco Youth adalah progam tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) Toyota Indonesia di bidang pendidikan dan lingkungan hidup. Kegiatan untuk anak muda siswa SMA ini dibuat untuk lebih memacu kreativitasnya. Tahun ini, para juri menyeleksi sedikitnya 612 proposal yang masuk dari 400 SMA se Indonesia. Selanjutnya 20 proposal terbaik dipresentasikan pada para juri dan kemudian akan mendapat bantuan modal dari Toyota Indonesia untuk mewujudkan rencana yang mereka bikin.

"Kami mau mendorong para siswa untuk memecahkan masalah di sekitar lingkungan sekolah mereka. Ternyata, karya-karya yang masuk seluruhnya luar biasa," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan.

SMAN 1 Yogyakarta sendiri dalam Toyota Eco Youth tahun ini meraih dua gelar juara sekaligus. Total modal yang mereka bawa pulang sebesar Rp145 juta terdiri dari Rp75 juta untuk Juara Umum dan Rp70 juta lagi untuk Juara I. Wow, Congrats, Guys! Semoga benar-benar bisa jadi teladan dan mewujudkan mimpi.

Para juara Eco Youth ke-8

Kategori Produk
1. SMAN 1 Yogyakarta "Alat Penanam, Penyiram, Penyebar Pupuk, dan Benin Biji Bijian dengan Sistem Otomatis"
2. SMKN 10 Surabaya "Buang Mangrove Sirup Mangrove"
3. SMAN 6 Yogyakarta "Pengolahan Limbah Fast Food yang Menghasilkan Nilai Ekonomis"

Kategori Proses
1.SMAN 9 Surabaya "Grebeg Pasar"
2. SMKN 5 Surabaya "Rumah Energi Pengolah Limbah"
3. SMA Labschool Jakarta "Mengatasi Pencemaran Air dan Banjir di Sekitar Sekolah"


Keepo collections:
Hijau