yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Ssst.. Facebook buka cabang di Indonesia, ada apa ya?

Ssst.. Facebook buka cabang di Indonesia, ada apa ya?

±Minggu, 30 Maret 2014
Ssst.. Facebook buka cabang di Indonesia, ada apa ya? - Indonesia menjadi lokasi kantor cabang Facebook ke-7 di seluruh dunia.

Indonesia menjadi lokasi kantor cabang Facebook ke-7 di seluruh dunia. (Foto: facebook.com)

Berbekal fakta Indonesia adalah pasar ke-4 terbesar di dunia dan penyumbang 65 juta pengguna, Facebook resmi buka kantor cabang di Jakarta. Pembukaan kantor perusahaan milik Mark Zuckerberg ini bertepatan dengan hajatan akbar: Pemilu 2014. Dan Neary, Wakil Presiden Facebook Asia Pasifik ngomong kalau kantor baru ini butuh banyak orang lokal untuk menggarap segala programnya di Indonesia.  Kantor cabang ke-7 ini dibuka di Mal Pacific Place yang berada di Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman (SCBD), Jakarta Selatan.

Jejaring sosial nomor 1 di dunia ini mengklaim kalau anggotanya adalah sekitar 17% dari total penduduk dunia. Cukup untuk 'membuat'  beberapa negara sendiri lho, bro! Tapi Facebook memang enggak pernah puas diri. Mereka terus memanfaatkan teknologi informasinya yang serba canggih untuk juga mengembangkan bisnis mereka dan membantu bisnis lokal dimana kantor cabang mereka berada. Di Indonesia, salahsatu program CSR yang dibesut Facebook adalah membantu mengkoneksikan internet kepada 80% penduduk Indonesia.

Neary juga mengatakan bahwa UKM (Usaha Kecil & Menengah -red) juga berkesempatan memasarkan produknya pada para Facebookers. Fitur-fitur di jejaring sosial kreasi Mark Zuckerberg ini sangat membantu menjalankan usaha para pelaku usaha kecil terutama dalam hal pemasaran online. Ini adalah investasi yang berharga bagi Facebook, pemerintah dan perusahaan.

Pembukaan kantor baru ini juga bertepatan dengan dengan agenda besar nasional lima tahunan: Pemilu 2014. Sangatlah tepat facebook melihat momen ini secara spesial. Apanya yang istimewa? Proses sosialisasi calon legislatif dan calon presiden 2014 sangatlah efektif jika dilakukan di jejaring sosial. Mayoritas pengguna Facebook di usia 20 tahun. Sedangkan pemilih muda yang terdaftar di Pemilu 2014 adalah lebih dari 30 juta orang. Para caleg dan capres dapat berkomunikasi secara langsung, dua arah. Jadi sangat efektif dan efisien. Neary merasa senang karena para kandidat itu sudah menggunakan Facebook untuk berkampanye di Pemilu 2014 ini.

Mark Zuckerberg bersama teman-temannya mendirikan Facebook tahun 2004. Hingga tahun itu di seluruh dunia, sosial media ini mampu menembus 1.23 miliar pengguna. Facebook berkantor pusat di Palo Alto, negara bagian California, Amerika Serikat. Sebelum membuka cabang di Jakarta, Facebook sudah punya 6 cabang di London, Tokyo, Dublin, Milan, Singapura dan Seoul.