yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Lagak / Cantik / Stop diare? 'Pil mampet' itu ternyata bukanlah solusi

Stop diare? 'Pil mampet' itu ternyata bukanlah solusi

±Minggu, 30 Maret 2014
Stop diare? 'Pil mampet' itu ternyata bukanlah solusi - Pengobatan diare dengan 'pil mampet' ternyata bisa menambah parah sakitnya.

Pengobatan diare dengan 'pil mampet' ternyata bisa menambah parah sakitnya. (Foto: meetdoctor.com)

Pernah diare? Wah, jangan ditanya. Kalo sudah kena yang satu ini, pasti menyebalkan dan bikin bolak-balik ke toilet. Memang, yang namanya faktor higienis dan infeksi usus hubungannya dekat banget sama BAB cair (BAB= Buang Air Besar red.) yang seringkali datang dan pergi.

Diare kenapa mengganggu sekali sih? BAB cair atau sering disebut mencret ini memang terjadi akibat respon tubuh karena kuman yang menginfeksi usus. Perkembangbiakan kuman jahat bisa berlipat-lipat  dalam waktu singkat. Apalagi ditambah dengan respon tubuh, sehingga dalam usus terbentuk banyak gas, dan cairan, mengakibatkan  bentuk faeses juga jadi lebih cair.

Seringkali ketika mengalami kondisi begini, kita langsung mengobati dengan 'pil mampet'. Respon awal yang terjadi memang diare langsung mampet. Tapi cairan, gas dan kuman ini terus mau dikemanakan? Memang kita langsung puas dengan obat penghenti diare, masalahnya, keluhan yang sering dijumpai berikutnya adalah rasa mulas yang nyatanya bisa lebih parah.

Terus bagaimana sebaiknya? Nah kalau kita kebetulan mengalami diare, coba cari dulu obat yang bisa menyerap kuman dan dampak yang ditimbulkan. Ada beberapa jenis obat dengan kandungan attapulgate, bisa menjadi pilihan pertama. Biasanya dianjurkan untuk minum dua tablet tiap kali mengalami BAB cair. Jangan dibarengi obat lain, soalnya kerja attapulgate bisa mengganggu kerja obat lain.

Memang sih, diare tidak langsung berhenti. Harapannya, faeses atau kotoran yang semula cair, menjadi keluar ampas. Terus komposisi yang cair juga makin lama makin berkurang. Respon alami seperti inilah yang mestinya terjadi. Supaya kuman serta cairan yang berlebihan dalam usus bisa dikeluarkan dengan baik.

Tapi bagaimana kalau tidak juga reda setelah mengonsumsi obat dengan attapulgate? Tetap jangan pakai pil mampet. Bila keluhan masih berlanjut, ada baiknya segera konsultasi ke dokter. Langkah ini penting supaya bisa mendapatkan terapi lebih lanjut. Tentunya sambil tetap mengkonsumsi makan dan minum untuk mencegah dehidrasi.


Keepo collections:
Cantik