yoKeepo: Media alternatif untuk yg muda dan kepoyoKeepo



Home / Tekno / Gadget / Nokia X, ponsel android (yang masih) rasa Windows Phone

Nokia X, ponsel android (yang masih) rasa Windows Phone

±Kamis, 27 Maret 2014
Nokia X, ponsel android (yang masih) rasa Windows Phone - Tampilan fitur Fastlane milik Nokia X yang dinilai tak istimewa.

Tampilan fitur Fastlane milik Nokia X yang dinilai tak istimewa. (Foto: nokia.com/id-id/)

Setelah cukup lama berstatus segera hadir, akhirnya Nokia X datang juga. Kamis, 27 Maret 2014 ini, Nokia memperkenalkan ponsel androidnya yang pertama pada masyarakat Indonesia. Gadget yang satu ini memang sedikit lain dari yang lain. Soalnya, sebelumnya, produk ponsel cerdas Nokia kebanyakan memakai sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft.

Sayangnya, banyak yang bilang, ponsel yang mengusung spesifikasi prosesor dual-core 1GHz, memori internal 4GB dengan RAM 512 MB, dual-SIM (micro), layar 4 inci dengan resolusi 480×800 piksel dan kamera belakang 3MP itu masih keok kalau dibandingkan ponsel-ponsel lain yang berada pada level yang sama. Gak usah sama merk lain, ponsel android seharga Rp 1,6 juta ini bahkan masih kalah dibandingkan Nokia Lumia 520, yang menggunakan OS Windows Phone dari Microsoft dan berharga jauh lebih murah.

Belum lagi soal tampilan. Desain Nokia X masih menunjukkan pabrikan ini belum bisa lepas dari citranya sebagai pengusung Windows Phone. Memang betul sih, ponsel android ini masih memakai tile seperti di Windows Phone. Tapi sayangnya, tile ini justru bikin layar jadi kelihatan kaku, karena cuma bisa menampilkan per baris tiga tile dengan personalisasi tampilan yang minimalis. Soalnya, kita cuma bisa mengganti ukuran, memindah, atau memasukkan ke folder, sedangkan warna tile sama sekali gak bisa diubah.

Di Nokia X ini, semua aplikasi juga akan langsung terkumpul di satu layar. Gadget ini gak menyediakan layar khusus untuk akses cepat seperti biasanya ada di android maupun windows phone. Fitur fastlane-nya pun biasa saja, pengakses notifikasi dan aplikasi yang terakhir digunakan ini tidak tampil istimewa. Kata seorang gadget mania, "Itu seperti bukan android."


Keepo collections:
Gadget